PENGALAMAN MEMBUAT SEBUAH CHANNEL YOUTUBE

Halo manteman, pada tulisan kali ini gw akan bercerita mengenai sebuah aktivitas yang baru aja gw jalani bersama tiga orang teman SMA gw, yakni membuat sebuah channel youtube. Sampai dengan tulisan ini dibuat, channel tersebut juga masih belum ada vidio hasil karya bersama yang diunggah. Tapi nantinya akan gw share kok nama dan link youtube channelnya di blog ini.

 

Hal pertama yang akan gw ceritakan adalah latar belakang ide ini muncul. Ide ini muncul dari seorang temen SMA gw yang dulu dia adalah orang yang kali pertama mengajak gw untuk mendaki gunung di jaman masih duduk di bangku SMA. Kawan gw yang memunculkan ide ini merupakan salah satu dari sekian banyak orang di Indonesia yang mengalami dampak langsung secara ekonomi akibat pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia. Singkat cerita karena temen gw ini bekerja di jasa pariwisata, dimana sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak dari pandemi ini, temen gw ini hampir ga ada kerjaan yang bisa menghasilkan pemasukan. Dan berhubung dia merupakan pendaki profesional dan berlisensi, doi memilik banyak stok video dan photo hasil dari dokumentasinya mendaki gunung tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Nah berangkat dari stok video dan photo tersebut, temen gw melontarkan ide untuk membuat sebuah channel youtube dengan rencana menambahkan content bermuatan edukasi tentang dunia petualangan.

 

Kemudian ada satu dari temen SMA yg lain yang tertarik buat mewujudkan ide tersebut, kebetulan temen gw itu bekerja di stasiun televisi dan mempunyai kemampuan videography dan video editing. Setelah bertemu langsung, saat itu ada gw, temen gw si pencetus ide, dan sang videographer, kami mulai membahas rincian konten yang akan kita buat. Mulai dari kategori content, sampai dengan rencana pembuatan series tutorial mulai dari panjat tebing, mendaki gunung, kayaking, sampai dengan bersepeda jarak jauh.

 

Pada perjalanannya, ada hal-hal yang menjadi tantangan, mulai dari gear untuk shooting video dan akses untuk meminjam alat-alat panjat tebing yang akan membantu dalam pembuatan content tutorial panjat tebing. Tapi akhirnya kami sepakat akan mewujudkan content dengan bahan dan gear yang ada, alhasil segala tantangan yang semula muncul akhirnya menemukan solusinya satu persatu. Bahkan ada temen lain yang merasa tertarik untuk membantu menggarap project ini. Kebetulan dia juga bekerja di TV dan ada di team produksi, sehingga ide dan kemampuan dia membawa team kita yang akhirnya berjumlah empat orang sepertinya cukup kuat nih.

 

Keterlibatan gw sendiri di sini, sejauh ini masih membantu dalam urusan script untuk content yang akan dibahas. Di sini gw belajar banyak hal, mulai dari menulis script yang enak untuk dilisankan di sebuah video, hingga akhirnya gw mengulik software video editing, yang beberapa hasil dari gw latihan ngedit video gw upload ke channel youtube pribadi gw. Oh ya jika diantara pembaca yang ingin melihat hasil editing gw yang masih newbie, bisa cek ke channel gw di link :

https://www.youtube.com/channel/UCyTjU63czILgJcQ-62Mh8Ug/featured

 

oh ya selain mulai belajar ngedit gw akhirnya juga mengulik aplikasi adobe spark post untuk membuat logo channel baik untuk channel gw pribadi di atas dan logo yang gw coba tawarkan untuk dipakai di channel bersama tadi. Di bawah adalah beberapa foto logo yang sudah gw coba buat pake aplikasi adobe spark post :






 


Dan akhirnya pada hari Senin, 13 September 2021 kami memulai shooting pertama untuk membuat karya pertama kami, nanti jika sudah jadi akan gw update juga hasilnya di postingan kali ini. Nanti akan gw edit lagi postingan ini untuk menginformasikan ke temen-temen hasil karya kami.

 

Dari pengalaman pertama shooting tersebut, gw makin merasa suka dengan dunia kreatif nih, dulu emang gw pernah berkeinginan bekerja di industri kreatif sekalipun masih dalam bidang accounting, tapi sekarang gw beneran merasa bekerja di dunia kreatif memang menyenangkan. Dan apalagi channel yang sedang kami bangun ini akan banyak memuat content mengenai dunia pariwisata juga, dan ga melulu mengenai petualangan.

Di bawah adalah beberapa foto dokumentasi shooting pertama kami nih :




 

Dunia pariwisata merupakan dunia yang dulu memang pernah gw cita-citakan. Jadi saat lulus SMP dulu, gw pernah meminta ke orang tua gw untuk masuk ke sekolah kejuruan bidang pariwisata, tapi keinginan gw tersebut ga mendapat restu dari bokap dan wali kelas gw saat kelas 3 SMP, dan ada faktor lain juga sih yang dulu membuat gw susah buat masuk ke sekolah kejuruan pariwisata, yakni faktor tinggi badan gw yang dulu ga cukup untuk memenuhi syarat minimal untuk masuk ke sekolah pariwisata tersebut. Hhhm tapi passion gw akan dunia pariwisata sepertinya belum sepenuhnya padam dari alam bawah sadar gw, mungkin terbukti bahwa sampai hari ini gw masih suka berkegiatan di alam bebas seperti naik gunung, camping atau naik sepeda ke tempat-tempat pedesaan. Hhm bisa dibilang dulu gw mungkin sudah menemukan passion gw di bidang apa ya hehehe. Semoga dengan kegiatan gw di channel youtube ini bisa menjadi penyaluran pikiran dan tenaga gw di bidang yang dulu gw idam-idamkan.

 

So mohon doanya semoga channel ini bisa berkembang, syukur-syukur bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan tentunya buat team yang ada di channel tersebut baik dari sisi ekonomi maupung dari sisi yang lain, yah dengan hal baru ini paling tidak skill dan wawasan gw makin kaya.

 

Oke segini dulu ya manteman, sampai ketemu lagi di tulisan gw yang lain, terima kasih jika sudah baca, dan jangan lupa yah buat apresiasi channel kami dan channel youtube pribadi gw. Adios!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng Tentang Lumba-Lumba

Patah tumbuh hilang berganti

Cerita Tentang Tjilik Riwut