Mesin Waktu untuk Kesenangan Masa Kecil

Halo manteman, di kesempatan kali ini gua mau berbagi beberapa hal yang bagi gw bisa mengembalikan kesenangan masa kecil gw. Yap hal yang ketika lo lakukan sekarang tapi senengnya kaya kali pertama lo lakukan di masa-masa kecil lo. Uniknya kesenangan itu tidak berubah rasanya, rada susah sih ya dideskripsikan mengingat sebuah “kesenangan” sifatnya tuh abstrak tak teraba panca indera, tapi bisa kerasa lah ya.

 

Dari beberapa hal yang nanti akan gw sebutkan sangat mungkin berbeda dengan versi kalian, mengingat sebuah kesenangan sangatlah subjektif, beda-beda tiap individu, tapi ya bisa jadi sama sih. Oke kita mulai aja ya beberapa hal yang bagi gw bisa gw jadiin “mesin waktu” buat kembali merasakan kesenangan masa kecil gw. Cekidot ya :

 

1.       Bersepeda.

Para pakar sepakat bahwa bersepeda memang mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Ini hormon mampu membuat kita merasa berbahagia, ga heran makanya bersepeda dan kenangan bersepeda masa kecil kalian tentunya sangat membahagiakan. Kalian masih ingat ga kesenangan dan sensasi yang kalian rasakan saat pertama kali bisa mengendarai sepeda?! Buat gw yang di tahun ini sudah berusia 30 tahun lebih, saat gw naek sepeda sampai hari ini, ga tahu kenapa kesenangan yang gw rasakan selalu sama seperti saat gw kecil dulu. Gw inget gimana rasanya kali pertama di masa kecil gw, ketika baru punya sepeda BMX hasil dari uang sunat, gw pakai buat jalan-jalan ke Blok M, buat anak kelas 5 SD, dan buat gw pribadi, jarak dari tempat gw tinggal dulu di Cilandak Barat ke Blok M lumayan jauh buat ditempuh dengan bersepeda. Di masa itu palingan gw pake sepeda gua buat berangkat sekolah yang ga sampe 2 KM lah jaraknya dari rumah. Tapi momen itu rasanya masih kerasa sampai hari ini dan balik gw rasain dengan kadar yang sama ketika gw ada di atas saddle sepeda gw sembari mengayuh pedalnya.



 


2.       Nempelin gambar tempel atau Sticker

Nah hal ini mungkin sangat objektif nih, belum tentu kalian punya kesenangan buat nempelin gambar tempel. Buat gw aktivitas ini tuh asik banget, mulai dari memisahkan si sticker dengan kertas pembungkus perekatnya, kemudian milih objek sasaran untuk ditempel, sampai akhirnya lu puas mandangin tuh sticker terpasang di objek yang lo pilih. Ga heran banyak benda-benda yang gw punya mulai dari laptop, sepeda, kulkas, lemari, pintu meja, tumblr/botol minum dan banyak lagi lainnya ada sticker yang nempel. Dan ketika gw dewasa, ketika internet sudah ada, gw mulai googling gambar-gambar lucu untuk gw cetak di bahan khusus untuk sticker, tempo hari gw pernah nyetak sticker dengan bahan ritrama dengan ukuran satu meter lebih. Dan hasil yang terima dari percetakan, tuh gambar tempel belum diguntingin, dan proses menggunting tuh gambar tempel akhirnya jadi kesenangan baru yang melekat dari aktivitas menempel gambar tempel. Lo ga percaya jajal aja dah sendiri, kali aja lo rasain yang gw rasa.

 

3.       Memandang ke luar dari jendela kendaraan

Ini juga aktivitas yang mampu membawa kesenangan masa kecil gw nih, mungkin karena golongan darah gw B ya, konon kata para ahli mereka yang bergolongan darah B sangat senang menikmati pemandangan dari balik jendela kendaraan. Nah makanya para golongan darah B ini cocok buat jadi teman berkendara, terutama mobil mengingat nih orang jarang akan tertidur selama berkendara, kecuali doi lelah banget ya, sebab gw pernah sih naik mobil dalam kondisi lelah berat sehabis hiking, alhasil dari mulai Cibodas gw udah “ilang” dan sadar-sadar udah sampe Tebet hahaha. Buat gw ketika memandang ke balik jendela kendaraan gw bisa menikmati suasana tempat baru yang gw lewati selama perjalanan, dan dulu ketika kecil dan baru bisa membaca gw rajin banget membaca semua tulisan yang gw lihat dari balik jendela, mulai dari tulisan yang ada di papan toko, baliho, spanduk atau tulisan yang ada di kendaraan lain kaya truk, angkot dan yang lainnya. Dan tanpa sadar kebiasaan gw membaca semua itu masih gw lakuin sampai hari ini, dan anehnya yaa gw seneng kaya jaman bocah dulu hehehe. Dan gw yakin Band Padi juga merasakan hal yang sama kaya gw, ga percaya lokit aja lagunya mereka yang berjudul “Perjalanan Ini”.




 

Yap itu tadi beberapa hal yang mampu memantik ingatan dan kesenangan masa kecil gw, cukup simple ya kan. Jadi inget nasihat senior gw dulu, di zaman yang makin aneh dan edan ini pandai-pandailah mencari hiburan, carilah hiburan yang sekalipun sederhana tapi mampu membuat senang. Dan itulah salah tiga hiburan buat gw yang sederhana dan relatif murah. Sekian salam olah raga dan olah rasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng Tentang Lumba-Lumba

Patah tumbuh hilang berganti

Cerita Tentang Tjilik Riwut