Pengalaman Pertama Menggunakan Ban Motor Dual Purpose di Motor Harian, VARIO 150

Halo manteman, pada tulisan kali ini gw ingin bercerita pengalaman pertama gw menggunakan ban dual purpose untuk diaplikasikan pada motor harian gw, sebuah skutik dari Honda type VARIO 150.

Okay pertama gw akan bercerita hal yang jadi pencetus kenapa gw akhirnya pingin menjajal ban dual purpose. Jadi pada Agustus yang lalu, masih di tahun 2021, gw pernah melakukan moto camping bersama rekan kantor gw, dokter Brian Gandhi ke Parang Gombong, Purwakarta, Jawa Barat.

Ini lokasi berada di area waduk Jatiluhur manteman, dan lumayan trending di kalangan para penggemar camping, bahkan di kalangan pesepeda. Gw inget beberapa event bike camp yang digagas oleh teman-teman Federal pernah juga berlokasi di sini.

Saat riding ke Parang Gombong, begitu memasuki wilayah waduk, gw melewati jalan kerikil plus bebatuan sekitar lebih kurang 1 KM an lah. Di jalan tersebut motor gw kok terasa “mleset mleset” saat dikendarai.

Dan gw perhatikan bahwa motor kawan gw kok bisa melaju dengan mulus. Saat itu analisa awal gw mengatakan bahwa tentu faktor lebar tapak ban motornya kawan gw yang paling berpengaruh, dengan tapak ban yang lebar, tentunya laju di kondisi jalan berkerikil akan lebih mulus.

Oh ya buat temen-teman yang penasaran dengan lokasi camping gw di Parang Gombong gw kasih beberapa photo nih :






Tapi saat di lokasi camp, gw perhatikan lagi ban motor kawan gw dengan lebih detail, ternyata kembangan/pattern ban temen gw berbeda dengan ban vario gw. Dan pada akhirnya gw baru tahu bahwa ban dengan pattern kotak-kotak lebar, namun tidak sedalam ban kembangan tahu merupakan ban tipe dual purpose, artinya ban yg bisa dipakai di dua kondisi jalan yang berbeda, di aspal, dan oke buat jalur gravel atau offroad ringan.

Okay berangkat dari pengalaman tadi, akhirnya gw memutuskan untuk mengganti ban bawaan pabrik di motor vario gw ke ban dual purpose. Hal lain yang jadi pertimbangan gw untuk mengganti ban adalah ban lama ini juga sudah ada tambalan dengan jumlah lebih dari dua tambalan seinget gw. Dan pernah gw cek salah satu tambalannya sudah bocor alus dan itu membuat kadang ban gw kempes sendiri.

Mengingat gw sangat awam mengenai dunia otomotif khususnya motor, gw akhirnya bertanya ke temen gw Ade Wahyudi yang pernah touring dengan motor Kawasaki KLX nya sampai ke Timor Leste, mengenai rekomendasi ban jenis dual purpose. Ade memberikan rekomendasi ban merk Swallow seri SB. Gw pun juga mencari informasi sendiri dengan menjelajah youtube dan instagram sampai akhirnya gw menemukan merk FDR yang merupakan brand keluaran Astra juga selain merek Federal.

Okay setelah gw menukan merk FDR, gw akhirnya mengunjungi web site resminya FDR di :

http://fdrtire.com/product/search?search_by=function&tag=on_offroad 

Dari link di atas, temen-temen bisa lihat tuh beberapa series FDR yang masuk kategori ban dual purpose. Dari penampakan di web site tersebut gw menjatuhkan pilihan ke type Hover, hhm dengan alasan gw suka disain patternnya mirip dengan ban motornya dr. Brian. Dan sekaligus penasaran sama rasanya memakai ban dengan pattern kaya gitu. Selama ini gw menggunakan ban motor dengan pattern untuk kondisi jalan aspal.

Dari web sitenya FDR gw juga dapat informasi lokasi toko resmi mereka, dan sayangnya saat gw beli toko resmi mereka baru ada satu di area Jabodetabek, alamatnya di :

Jl. KH Hasyim Ashari No.20, RT.002/RW.005, Buaran Indah, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15119

Mengingat lokasi outletnya yang lumayan jauh dari tempat gw tinggal, akhirnya gw coba hunting dulu nih di planet ban sekitar depok, dan toko aneka ban di daerah Ciputat, rekomendasi dari Ade. Di hari gw beli itu ban, gw udah ke dua outlet planet ban di Depok, ternyata ga ada tuh yang punya FDR Hover. Bahkan Aneka Ban Ciputat yang jadi toko rekanan si FDR juga tidak punya stoknya. Alhasil gw musti sambangi juga tuh outlet resminya si FDR di Tangerang.

Perjalalan yang cukup jauh juga sih, ditambah gw musti nyasar dulu di daerah Bintaro. Dan lumayan capek juga karena udah beberapa tempat yang gw kunjungi sebelumnya, total ada empat tempat, dua planet ban di Depok, Aneka Ban Ciputat, dan Planet Ban di daerah Ciputat. Mana hari itu lumayan terik tuh matahari.

Oke singkat cerita akhirnya gw ke outlet resminya di Tangerang, beli bannya dan pasang sekalian di sana. Kemudian gw langsung pulang dengan mengambil rute lewat Serpong, kemudian Pamulang. 

Selama perjalanan pulang yang kondisinya hujan, gw merasa grip si FDR Hover lumayan mencengkram aspal nih. Dan seinget gw dan sepemahaman gw yang awam tentang otomotif ini ban sih beda tipis sih sensasinya dengan Michelin Pilot Street yang dulu gw suka pakai di motor Honda Blade gw. Hhm tebakan gw sih mungkin bedanya ada di durabilitynya kali ya, bisa jadi si FDR ga akan tahan selama Michelin. Yah ini sih perkiraan gw yang awam aja sih, kita lihat deh nanti ke depannya.

Oke gw akan tampilkan penampakannya si FDR Hover saat terpasang di Vario gw ya. Di bawah nih manteman foto-fotonya, sekilas sih jadi nambah gagah sih Vario gw.










Okay manteman, segini dulu cerita gw mengani dunia permotoran, lain waktu gw sambung lagi cerita lain dengan motor Vario gw ini, yang gw kasih nama Paryono, hehehe. Adios!!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng Tentang Lumba-Lumba

Patah tumbuh hilang berganti

Cerita Tentang Tjilik Riwut